Menu

Jaga Penguatan Rupiah, Sri Mulyani Ambil Langkah Penguatan Investasi

0 Comments


Jaga Penguatan Rupiah Sri Mulyani, menteri keuangan Indonesia menyatakan bahwa dirinya bersama jajarannya akan terus menjaga penguatan Rupiah melalui langkah kebijakan mendorong agar investasi dalam negeri terus meningkat. Hari Kamis, 8 November 2018 nilai tukar Rupiah berada pada posisi Rp 14.539 baru kelar Amerika Serikat. Walaupun sempat melemah pada hari Jumat, 9 November 2018 namun kini Rupiah tidak lagi berada di dalam posisi yang kritis.

Srimulyani mengatakan akan terus berupaya untuk memberikan peningkatan peningkatan kebijakan agar investasi di Indonesia dapat ditingkatkan sehingga capital inflow atau aliran mobilnya masuk ke Indonesia serta investasi dalam negeri dapat terus mengalami peningkatan. Hal ini dirinya sampaikan ketika berada di gedung Direktorat jenderal pajak pada Jumat kemarin.

Penguatan Rupiah yang terjadi tidak terlepas dari Esek sentimen pada ekonomi global. Rupiah kita Takan mampu bertahan walaupun pemilihan umum Amerika Serikat dan juga perang dagang antara Cina serta Amerika Serikat dapat mempengaruhi dinamika ekonomi dunia dengan sangat besar. Namun, Sri Mulyani mengatakan bahwa sudah melakukan beberapa reformasi birokrasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan pertumbuhan serta panas ekonomi yang tetap berada pada level 5% di kwartal yang ketiga gue juga inflasi tetap berada di tingkat yang rendah.

Sampai saat ini, pemerintahan masih terus fokus untuk menjaga supaya defisit transaksi berjalan dapat terus dikelola dengan baik. Defisit transaksi berjalan merupakan salah satu sumber yang bisa mengundang persepsi mengenai perekonomian Indonesia. Maka dari itu, pengawasannya harus dilakukan dengan maksimal agar tidak terjadi defisit yang berlebihan bagi keuangan di dalam negeri.

Pada Sisi lain, pemerintah juga dikatakan akan terus berhati hati untuk menyampaikan informasi kepada pihak investor mengenai keadaan perekonomian Indonesia yang sampai saat ini terbilang masih baik agar nilai Rupiah dapat terus bertahan pada tren yang positif.

Menteri keuangan bersama dengan menteri koordinator yang berperan sebagai pengelola kebijakan ekonomi serta menteri menteri lain dan juga gubernur dari bank sentral, otoritas Jasa keuangan, mengatakan dalam ekonomi yang paling penting yaitu suasananya harusnya dijaga fleksibilitasnya agar kemampuan penyerapan investasi dapat terus dilakukan dengan baik dan dapat disiapkan pegal restoran tertarik untuk terus melakukan investasi di Indonesia ditengah keadaan perekonomian yang masih terbilang Genting di dunia.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu Rupiah di dalam negeri memang mengalami penguatan yang cukup signifikan. Rupiah tidak lagi berada di bawah level Rp 15.000 an. Nilai Rupiah yang melemah tidak lepas dari peran negara Adidaya yang kini sedang mengalami keadaan perang dagang dengan negara Cina. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan baik oleh pemerintah Indonesia sehingga Indonesia dapat terus bertahan dalam keadaan tersebut hingga sampai saat ini Rupiah di Indonesia mulai mengalami penguatan.

Tags: , , ,

1 thought on “Jaga Penguatan Rupiah, Sri Mulyani Ambil Langkah Penguatan Investasi”

  1. Yuni Cuaca says:

    ya, langkah ini sangat membantu ekonomi Indonesia yang katanya sudah menurun drastis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *