Menu

Mahasiswa Akan Miliki NPWP Untuk Dukung Kepatuhan Pajak

0 Comment


Mahasiswa Akan Miliki NPWP Untuk Dukung Kepatuhan Pajak Sampai saat ini, kementerian keuangan terus melakukan upaya upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya membayar pajak semenjak dini. Upaya yang dilakukan yaitu dengan bekerjasama dengan kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi. Muhammad Nasir, selaku menteri riset teknologi dan pendidikan tinggi menyatakan bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran untuk membayar pajak semenjak dini dapat dimulai dengan langkah memberikan nomor pokok wajib pajak atau NPWP kepada mahasiswa. Rencana tersebut juga telah disampaikan kepada para pimpinan di perguruan tinggi.

Memberikan nomor pokok wajib pajak kepada mahasiswa tentunya akan memberikan efek yang sangat baik. Hal ini tentunya mampu memicu peningkatan kesadaran mengenai pentingnya membayar pajak dan juga bisa memasukkan tema pajak sebagai bahan untuk pelajaran. Jadi satu Sisi pembelajaran tetapi lanjutan, namun disisi lain terdapat bukti nyata dari pelajaran itu sendiri.

Sri Mulyani, menyatakan rencana yang dilakukan tentang memberikan nomor pokok wajib pajak kepada mahasiswa tidak ada didalam mau menang menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi. Hal ini dikarenakan penetrasi yang terjadi antara kementerian keuangan menuju wilayah kampus hanya sebatas untuk memberikan Edukasi mengenai pentingnya membayar pajak saja kepada mahasiswa namun tidak memberikan bukti nyata sehingga hal tersebut terkadang tidak diamalkan dengan baik oleh mahasiswa.

Banyak sekali masiswa diberikan nomor pokok wajib pajak. Hal ini untuk mendukung peningkatan Kepedulian masiswa terhadap pentingnya membayar pajak dan efeknya bagi negara. Hal ini tengah dibicarakan oleh para menteri lain yang terintegrasi. Srimulyani juga mengharapkan seluruh masyarakat berlangsung di dalamnya mahasiswa tidak khawatir ketika diwajibkan untuk memiliki nomor pokok wajib pajak atau NPWP. Kewajiban ini hanya berlaku untuk masyarakat yang memiliki penghasilan di atas batas ketentuan apapun penghasilan tak kena pajak atau PTKP.

Baca Juga : Gentarkan Pola Hidup Sehat, Presiden Jokowi Lakukan Senam Bersama Warga Tangerang

Jadi bagi mahasiswa yang memiliki penghasilan di bawah PTKP apa penghasilan kena pajak, atau tidak memiliki penghasilan namun telah memiliki nomor pokok wajib pajak tidak akan dikenakan pajak secara resmi karena hal tersebut hanya ditujukan untuk meningkatkan Kepedulian masyarakat.

Hingga saat ini pengembangan pengembangan wisata perekonomian, terutama pajak memang tengah digalakkan oleh pemerintah Indonesia. Melalui menteri keuangan, banyak sekali program program yang dilakukan mulai dari membangun infrastruktur, meningkatkan ekspor impor, meningkatkan investasi, dan juga meningkatkan pajak. Berbagai langkah terus dilakukan agar upaya tersebut bisa memberikan hasil yang maksimal untuk perekonomian di Indonesia.

Mengenai nomor pokok wajib pajak bagi mahasiswa sampai saat ini hal tersebut masih ditinjau. Untuk kelanjutanya, hal tersebut masih dalam proses perbincangan oleh pihak kementerian dengan pihak perguruan tinggi jika mendapatkan respon yang positif, bukan tidak mungkin bahwa hal ini dapat di realisasi karena efeknya bisa sangat besar bagi negara.

Tags: , ,