Menu

Pemerintah Membangun Saling Paham dan Juga Hindari Konflik Dengan Agama

0 Comments


Pemerintah Membangun Saling Paham dan Juga Hindari Konflik Dengan Agama Masyarakat Indonesia saat ini harus mengambil pelajaran berharga dari timbulnya berbagai konflik yang sudah terjadi di seluruh belahan dunia yang bisa memberikan dampak memecah belah negara itu sendiri. Dikutip dari ketua dewan rekonsiliasi nasional Suriah, Syeikh Adnan Dan juga musti Damaskus mengatakan bahwa konflik sebenarnya dapat dicegah dengan menggunakan faktor agama untuk mengembangkan saling paham diantara orang orang.

Mereka menyampaikan bahwa terdapat harapan untuk Indonesia serta berbagai komponen untuk terus saling paham agar tidak terjadi konflik. Agama harus menjadi fondasi untuk mempersatukan bangsa. Dia juga mencontohkan masyarakat Suriah yang Santun serta toleran ketika membangun peradapan dunia sampai saat ini. Suriah bukanlah negara yang Homogen dan juga memiliki keberagaman etnik  serta agama. Namun mereka makan, minum, dan juga hidup bersama sama tanpa menyediakan satu rumah dengan rumah yang lain walaupun berbeda keyakinan. Bahkan semenjak 1400 tahun yang lalu pola masyarakat Suriah tidak berubah sampai saat ini. Dari situlah dapat diamati bahwa agama mampu menyatukan manusia bukannya memecah belah manusia itu sendiri. Agama mengajarkan norma yang baik serta mendorong manusia untuk melakukan kerjasama dan bersatu di suatu negara.

Beliau juga menyampaikan bahwa beliau meminta umat Islam yang ada di seluruh dunia khususnya ada di Indonesia tidak mengutamakan faktor politik dan mengesampingkan kepentingan agama. Dirinya juga menilai masyarakat Indonesia memiliki sikap yang Santun serta mengesankan untuk rakyat Suriah. Hal ini dicerminkan dari diplomasi dan juga sikap pelajar yang memberikan cerminan sikap Santun untuk rakyat Suriah.

Melihat perkembangan sosial politik yang ada di Indonesia, dirinya juga memberikan saran untuk mengambil pelajaran dari pengalaman pengalaman pahit negara negara yang mengalami krisis di timur tengah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang serupa di Indonesia. Sebelumnya, Suriah mengalami hal yang sama dengan negara pendahulunya. Di beberapa negara timur tengah, jaminan keamanan telah dijamin dengan total oleh pemerintah. Karena hal tersebut sudah teratasi, celah yang digunakan oleh orang orang yang memecah belah masyarakat yaitu melalui celah agama yang ada. Mereka akan memberikan pengaruh pengaruh kepada beberapa agama tertentu dengan melakukan Propaganda sehingga sebagian besar mulai terpengaruh.

Menurutnya, di Sudiang sendiri tidak ada hal lain yang bisa di mainkan selain faktor agama. Pihak tersebut melakukan ujaran kebencian dan juga menebar permusuhan kepada pihak pihak yang berbeda agama. Hal yang dilakukan beragam dimulai dari ancaman pembunuhan kepada orang Kristen ataupun orang Syiah yang sebenarnya tidak pernah dilakukan. Pihaknya juga mengatakan bahwa bangsa bangsa di Arab harus belajar toleransi yang besar kepada Indonesia. Indonesia memberikan contoh toleransi yang besar walaupun kini tengah marak isu isu keagamaan yang digunakan untuk menyerang pihak pihak tertentu. Inilah yang harus dihindari agar isu tersebut tidak berkembang semakin luas dan menimbulkan perpecahan yang besar.

Tags: , , , ,

1 thought on “Pemerintah Membangun Saling Paham dan Juga Hindari Konflik Dengan Agama”

  1. Jumintem says:

    ya karena jelang pemilu yang semakin dekat dapat membuat perpecahan antar umatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *