Menu

Pertumbuhan Ekonomi Meningkat, Angka Pengangguran Berkurang

0 Comment


Pertumbuhan Ekonomi Meningkat Dilansir dari data Triwulan ketiga di tahun 2018 ini jika dibandingkan dengan periode yang sebelumnya yang serupa pada tahun lalu maka pertumbuhan ekonomi Indonesia telah mencapai angka 5,17%. Dikutip dari kepala badan pusat statistik terdapat angka kenaikan sebesar 3,09 persen dibandingkan dengan Triwulan yang kedua pada tahun 2018 lalu. Pertumbuhan yang tertinggi dilihat dari Capa yang lapangan usaha jasa lainnya yaitu sebesar 9,19%. Hal ini kemudian diikuti oleh informasi dan komunikasi yang mengalami peningkatan sebesar 8,98%, serta jasa perusahaan yaitu sebesar 8,67%. Berdasarkan dari sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia di bulan yang ketiga pada tahun 2018 ini, kepala badan pusat statistik mengatakan bahwa sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari lapangan usaha industri pengolahan kemudian diikuti oleh perdagangan besar atau eceran, reparasi mobil atau sepeda motor, perusahaan konstruksi, serta pertanian, Kehutanan, dan juga perikanan. Sementara untuk pertumbuhan ekonomi lapangan usah lain menyusul dibawahnya.

Suhariyanto, yang merupakan kepala dari badan pusat statistik mengatakan bahwa struktur pendapatan domestik butuh di Indonesia menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku di Triwulan ketiga pada tahun 2018 ini tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Contohnya pertanian, kanan, perikanan, industri pengolahan, reparasi mobil ataupun sepeda motor, konstruksi, masih terus menjadi faktor yang dominan dalam pertemuan domestik begitu yang ada di Indonesia. Jika dilihat secara keseluruhan, dirinya menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia sampai pada Triwulan yang ketiga tahun 2018 ini  tumbuh di angka 5,17%. Angka ini tentunya mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pertimbangan jadi pada periode yang sama di tahun 2017 lalu yaitu hanya mencapai angka 5,03 persen saja.

Menurutnya, pertumbuhan terus terjadi pada suruh lapangan usaha. Pertumbuhan yang paling tinggi dicapai oleh jasa lainnya yaitu mencapai angka 8,95% lalu diikuti oleh jasa perusahaan diangkat 8,54% dan kemudian informasi dan komunikasi itu di angka 7,80%. Pada Sisi lain, lapangan usaha pertambangan dan Penggalian juga merupakan salah satu lapangan usaha yang memiliki komulatif berteman ekonomi yang terbilang rendah dibandingkan dengan faktor lainnya.

Selain itu, dibandingkan di tahun sebelumnya, jumlah penduduk yang bekerja kini bertambah hingga mencapai angka 2,99 juta orang Dan angka pengangguran juga terus berkurang. Selain itu dapat dilihat pada struktur penduduk bekerja menurut lapangan pekerjaannya di Agustus 2018 lalu masih didominasi oleh tiga lapangan pekerjaan utama yaitu dari perdagangan, industri pengolahan, dan juga pertanian, Kotanan, dan perikanan. Sementara itu untuk lapangan pekerjaan yang mengalami penurunan yaitu terletak pada sektor pertanian, jasa lainnya, dan juga jasa pendidikan.

Selain itu, menurut Suharyanto pada satu tahun terakhir yaitu dari Agustus 2017 mencapai Agustus 2018 peningkatan persentase dari penduduk yang bekerja di status berusaha dibantu buruh tidak tetap dan bisa dibantu buruh tetap berada di angka 0,87% dan juga 0,20%.

Tags: , ,