Menu

Presiden Motivasi BUMN dan Generasi Muda Terus Inovatif

0 Comment


Presiden Motivasi BUMN dan Generasi Muda Terus Inovatif Pada 1 November, Indonesia memperingati tanggal tersebut sebagai hari inovasi Indonesia. Di tahun 2018 ini, hari inovasi Indonesia ditandai dengan langkah presiden Joko Widodo juga yang mengajak setiap kalangan untuk terus melakukan inovasi. Bukan hanya anak muda saja namun BUMN juga diajak untuk melakukan inovasi. Jika Di jaman dahulu dapat duduk dengan tenang karena berada pada posisi yang sudah aman dan nyaman namun hal tersebut kini sudah tidak berlaku lagi. Perubahan perubahan yang terjadi saat ini dapat menggerus keberadaan BUMN jika tidak melakukan respon yang cepat untuk perubahan perubahan yang terjadi.

Di dalam sambutan dari presiden Indonesia tersebut, beliau menyampaikan bahwa perubahan yang terjadi saat ini terlihat sangat nyata saya juga memiliki dampak yang sangat luas. Dirinya mengatakan kondisi perusahaan perusahaan multi nasional ke besar jika dilihat dari kapitalisasi pasar 11 tahun yang lalu serta perusahaan yang ada saat ini tentunya sangat berbeda. 11 tahun yang lalu, hanya terdapat satu perusahaan teknologi yang masuk ke dalam daftar 10 perusahaan terbesar yang ada di dunia. Namun saat ini kondisi tersebut telah berubah dengan adanya lima perusahaan teknologi terbesar yang masuk ke dalam daftar tersebut. Ini merupakan salah satu contoh kecil bagaimana langkah kemajuan teknologi mampu mengubah dunia. Revolusi industri Yang terus menerus terjadi membawa perubahan yang besar dan juga cepat bagi Indonesia.

Kunci agar beberapa perusahaan teknologi tersebut dapat hasilnya itu cermat untuk melihat bagaimana perubahan terjadi serta berani mengambil peluang yang ada walaupun peluang tersebut terbilang sangat kecil. Selain itu, perusahaan teknologi yang mampu bertahan adalah perusahaan teknologi yang melakukan respon situasi dengan cepat.

Baca Juga : Pemerintah Membangun Saling Paham dan Juga Hindari Konflik Dengan Agama

Tentunya inovasi harus terus dilakukan baik dari pihak BUMN ataupun pihak swasta. Perubahan perubahan yang terjadi secara global memberikan tuntutan perubahan yang lebih cepat agar industri mampu bertahan dalam kompetisi yang kian hari semakin ketat. Diberikan hanya dua pilihan yaitu melakukan inovasi atau akan ditinggalkan.

Maka dari itu, presiden mengatakan untuk mendukung inovasi yang ada di dalam negeri, Indonesia mengapa kebijakan kebijakan yang memberikan dukungan pertumbuhan untuk perusahaan rintisan atau perusahaan startup terus dapat berkembang menjadi perusahaan unicorn. Pemerintah tentunya akan memberikan dorongan dorongan yang positif agar Indonesia dapat menjadi negara yang subur untuk perusahaan startup, inovasi, serta Unicorn. Contoh yang paling nyata yaitu bahwa kini Indonesia sudah memiliki e-commerce yang terbilang cukup banyak dan dapat dijalankan dengan maksimal.

Pada praktiknya, perkembangan teknologi mendatangkan berbagai tantangan baru khususnya dalam hal moralitas di masyarakat. Banyaknya kemunculan media tanpa redaksi membuat masyarakat dapat menjadi wartawan dan bisa memberitakan apapun walaupun berita tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. Karena fenomena ini, regulasi pemerintah saja tidak cukup untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tidak semua orang mampu dipagari oleh regulasi serta peraturan yang dibuat, maka dari itu dibutuhkan bermoral ditas yang tinggi dan iringan dengan penggunaan teknologi itu sendiri.